INFORMASI

2020


BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang

Renja SKPD adalah dokumen perecanaan SKPD untuk periode satu tahun yang memuat kebijakan, program dan kegiatan pembangunan baik yang dilaksnakan langsung oleh Pemerintah Kabupaten maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.

Dalam penyusunan Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa bertumpuh pada tugas dan fungsi, Undang – Undang di Bidang Kearsipan dan Perpustakaan serta adanya peluang dan tantangan di Bidang Kearsipan dan Perpustakaan. Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan Pasal 24 menyebutkan bahwa Kabupaten/Kota adalah Lembaga Kearsipan Daerah yang melaksanakan pengelolaan Arsip Statis dan pengelolaan Arsip In Aktif dan pembinaan Kearsipan terhadap pencitraan arsip dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Perpustakaan sebagai wahana belajar bagi masyarakat untuk menumbuhkan minat baca. Untuk itu perpustakaan perlu di kembangkan pada semua tingkatan yaitu Kecamatan, Desa/Kelurahan dan Sekolah.

Disisi lain tuntutan masyarakat dalam layanan menjadi tantangan dan sekaligus menjadi tanggung jawab pengelola kearsipan dan perpustakaan. Sebagai lembaga yang bertanggung jawab pada pembinaan, pengembangan serta penyelamatan sumber informasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa melakukan identifikasi permasalahan dan tantangan yang dirangkum dalam isu-isu strategis dibidang perpustakaan dan kearsipan. Dari isu-isu strategis tersebut dilakukan strategis pemecahan masalah yang menjadi konsep dan kerang Renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa. Rencana strategis  dilaksanakan dengan skala prioritas yang tertuang dalam program dan kegiatan dibidang Perpustakaan dan Kearsipan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.

  1. Landasan Hukum

Dasar Hukum Penyusunan Laporan ini antara lain :

  1. Undang – Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintahan;
  3. Inpres Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pedoman Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
  4. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor PER/09/M.PAN/5/2007 tentang Pedoman Umum Penetapan Indikator Kinerja Utama di Lingkungan Instansi Pemerintah;
  5. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Pentapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  6. Undang – Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

 

  1. Maksud dan Tujuan
  2. Maksud

Renja disusun untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi untuk menyusun program dan kegiatan dibidang Perpustakaan dan Kearsipan.

  1. Tujuan

Adapun tujuan Renja SKPD untuk menyusun rancangan awal yang berfungsi sebagai perencanaan pembangunan di bidang perpustakaan dan kearsipan dalam kurun waktu 1 Tahun.

 

  1. Sistematika Penulisan

Rancangan Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa terdiri dari 5 Bab sebagai berikut :

KATA PENGANTAR

BAB I      PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Landasan Hukum
  3. Maksud dan Tujuan
  4. Sistematika Penulisan

 

BAB II     HASIL EVALUASI RENJA PERANGKAT DAERAH TAHUN LALU

  1. Evaluasi Pelaksanaan Renja Perangkat Daerah Tahun 2017 dan Capaian Renstra Perangkat Daerah
  2. Analisis Kinerja Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
  3. Isu-Isu Penting Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

 

BAB III    TUJUAN DAN SASARAN, PROGRAM DAN KEGIATAN

  1. Telaahan Terhadap Kebijakan Nasional
  2. Tujuan dan Sasaran Rencana Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa
  3. Program dan Kegiatan

 

BAB IV   PENUTUP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

EVALUASI PELAKSANAAN RENCANA KERJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN SUMBAWA TAHUN LALU

2.1. Evaluasi Pelaksanaan Renja Tahun 2019 dan Capaian Renstra Dinas Perpustakaan

Kabupaten Sumbawa

Mengingat bahwa Tahun 2019 sebagai tahun yang sedang berjalan ini merupakan Tahun IV (keempat) dalam periode perencanaan Tahun 2016-2021, maka materi evaluasi ini juga menyajikan capaian kinerja dari perjalanan rencana pada periode tahun sebelumnya. Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sumbawa, serta Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 72 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa.

            Perubahan terhadap urusan yang diselenggarakan oleh perangkat daerah, telah mengakibatkan perubahan pada tugas dan fungsi perangkat daerah tersebut, dengan demikian tentu akan berkonsekuensi terhadap perubahan visi dan misi di dalam Renstra Perangkat Daerah. Meskipun demikian, di dalam pelaksanaan evaluasi terhadap Renja tahun lalu diupayakan untuk dilakukan penyelarasan-penyelarasan sebagaimana mestinya.

Berikut ini, disajikan rekapitulasi hasil evaluasi atas pelaksanaan Renja sebelumnya, serta gambaran terhadap pencapaian Renstra Kabupaten Sumbawa, sebagai berikut.

 

 

Tabel 2.1

Rekapitulasi Evaluasi Hasil Pelaksanaan Renja dan  Pencapaian Renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa

 (s/d Tahun 2019)

Kode

Urusan/Bidang Urusan Pemerintahan Daerah Dan Program/Kegiatan

Indikator Kinerja Program (outcomes)/ Kegiatan (output)

Target Kinerja Capaian Prog-ram (Renstra Perangkat Daerah) Th 2018

Realisasi Target Kinerja Hasil Program dan Keluaran Kegiatan s/d dengan th (n-3)= (2016)

Target dan Realisasi Kinerja Program dan Kegiatan Tahun Lalu (n-2)

Target prog-ram dan ke-giatan   (Ren-ja Perangkat Daerah th n-1) = 2018

Perkiraan Realisasi Capaian Target Renstra Perangkat Daerah s/d th berjalan

Target Renja  Perangkat Daerah th  (n-2)= 2017

Realisasi  Renja  Perangkat Daerah th (n-2)= 2017

Tingkat Realisasi (%)

Realisasi Capaian Program dan Ke-giatan s/d th. Ber-jalan  (th n-1)=2018

Tingkat Ca-paian Rea-lisasi Target Renstra  (%)*.

 

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

 

 

 

 

 

Urusan Perencanaan Pembangunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

Meningkatnya kualitas dan kapasitas layanan Administarsi perkantoran

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Jasa Surat Menyurat

Jumlah surat masuk dan surat keluar yang disediakan

600 dok

25 dok

25 dok

600 dok

100%

600 dok

600 dok

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik

Jasa telepon, air,surat kabar/majalah, dll yang disediakan

6 paket

3 dok

3 dok

6 paket

100%

6 paket

6 paket

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas/Operasional

Jasa Pemeliharaan dan perizinan kendaraan dinas yang dibayar

4 unit

1 dok

1 dok

4 unit

100%

4 unit

4 unit

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan

Terpenihinya jasa administrasi keuangan

4 berkas

1 dok

1 dok

4 berkas

100%

4 berkas

4 berkas

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor

Alat kebersihan dan bahan pembersih yang diadakan

22 unit

1 dok

1 dok

22 unit

100%

22 unit

22 unit

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja

Peralatan kantor/kerja yang diperbaiki

6 unit

1 dok

1 dok

6 unit

100%

6 unit

6 unit

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Alat Tulis Kantor

Tersedianya kebutuhan administrasi kantor

1 paket

2 dok

2 dok

1 paket

100%

1 paket

1 paket

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan

Barang cetakan yang diadakan

4 jenis

4 jenis

4 jenis

4 jenis

100%

4 jenis

4 jenis

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantot

Komponen dan alat listrik yang diadakan

4 unit

4 unit

4 unit

4 unit

100%

4 unit

4 unit

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kator

Peralatan dan perlengkapan kantor yang diadakan

40 unit

25 Unit

33 unit

33 unit

100%

40 unit

40 unit

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan makanan dan minuman

Tersedianya makanan dan mimunan untuk rapat dan tamu

12 kali

0

12 kali

12 kali

100%

12 kali

12 kali

20%

 

 

 

 

 

Rapat-rapat Koordinnasi dan Konsultasi Ke Luar Daerah

Jumlah koordiansi dan Konsultasi  Keluar Daerah yang diikuti/dilaksanakan

25 laporan

18 laporan

20 laporan

20 laporan

100%

25 laporan

25 laporan

20%

 

 

 

 

 

Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

Meningkatnya Kapasitas dan Evektifitas Layanan

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

20%

 

 

 

 

 

Pembangunan Gedung Kantor

Gedung kantor yang terbangun

1 unit

0

1 unit

1 unit

100%

1 unit

1 unit

20%

 

 

 

 

 

Program peningkatan pe-ngembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

Terwujudnya Ketertiban Pelayanan dan Kelengkapan Administrasi Perkantoran

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

20%

 

 

 

 

 

Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD

Tersedianya ATK dan makan minum untuk penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisat realisasi keuangan SKPD

1 dok

1 dok

1 dok

1 dok

100%

1 dok

1 dok

20%

 

 

 

 

 

Penyusunan Laporan Tahunan SKPD

ATK dan makan minum penyusunan laporan tahunan SKPD

2 dok

2 dok

2 dok

2 dok

100%

2 dok

2 dok

20%

 

 

 

 

 

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan

Terlaksananya pemantauan dan laporan evaluasi kerja

1 dokumen

1 dokumen

1 dokumen

1 dokumen

100%

1 dokumen

1 dokumen

20%

 

 

 

 

 

Program Penyusunan Rencana Kerja SKPD

Terwujudnya Ketertibab Pelayanan dan Kelengkapan administrasi Perkantoran

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

20%

 

 

 

 

 

Penyusunan RKA/DPA SKPD

Tersedianya ATK dan makan minum penyusunan RKA/DPA

2 dok

2 dok

2 dok

2 dok

100%

2 dok

2 dok

20%

 

 

 

 

 

Penyusunan Rencana Kerja Tahunan SKPD

Tersedianya ATK dan makan minum penyusunan Renja

1 dokumen

1 dokumen

1 dokumen

1 dokumen

100%

1 dokumen

1 dokumen

20%

 

 

 

 

 

Penyusunan Rencana Strategis SKPD

Tersedianya ATK dan makan minum penyusunan Renja

1 dokumen

1 dokumen

1 dokumen

1 dokumen

100%

1 dokumen

1 dokumen

20%

 

 

 

 

 

Program Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan

Terwujudnya Basic Informasi Kearsipan Lingkup Pemkab. Sumbawa

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

20%

 

 

 

 

 

Pembangunan Data Base Informasi Kearsipan

Tersedianya input master data dokumen/arsip SKPD

64 dok

1kegiatan

1kegiatan

1kegiatan

100%

64 dok

64 dok

20%

 

 

 

 

 

Pengklasifikasian Data

Terlaksananya proses pengumpulan data arsip

5 DPA

5 DPA

5 DPA

5 DPA

100%

5 DPA

5 DPA

20%

 

 

 

 

 

Kajian Sistem Administrasi Kearsipan

Terlaksananya intensitas perbaikan sistem tata kelola

3 dok

3 dok

3 dok

3 dok

100%

3 dok

3 dok

20%

 

 

 

 

 

Pemeliharaan Peralatan Jaringan Informasi Kearsipan

Terlaksananya maintenance jaringan secara berkala

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

100%

1 unit

1 unit

20%

 

 

 

 

 

Program Penyelamatan dan Pelestarisn Dokumen/Asip Daerah 

Terwujudnya Ketersediaan Sarana Olah Simpan yang Ekonomis dan Modern serta Aksed Perolehan Naskah Sejarah dari Masyarakat

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

20%

 

 

 

 

 

Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

Terlaksananya sarana oleh arsip dinamis

1 paket

1 paket

1 paket

1 paket

100%

1 paket

1 paket

20%

 

 

 

 

 

Pendataan dan penataan Dokumen/Arsip Daerah

Terlaksananya kegiatan pendataan dan penataan sesuai dengan standar

5 DPA

5 DPA

5 DPA

5 DPA

100%

5 DPA

5 DPA

20%

 

 

 

 

 

Penduplikasian Dokumen/Arsip Daerah dalam Bentuk Informatika

Terlaksananya penyelamatan/pelestarian arsip

2 dok

1 dok

1 dok

1 dok

100%

2 dok

2 dok

20%

 

 

 

 

 

Pembangunan Sistem Keamanan Penyimpanan Dta

Tersedianya tenaga dan peralatan jaringan komputer

1 kegiatan

1 kegiatan

1 kegiatan

1 kegiatan

100%

1 kegiatan

1 kegiatan

20%

 

 

 

 

 

Pengembangan potensi dan identifikasi Informasi Arsip

Terlaksananya proses Identifikasi Naskah Tulisan/Foto/Tutur melalui Lomba Menulis Sejarah Daerah

30 naskah

30 naskah

30 naskah

30 naskah

100%

30 naskah

30 naskah

20%

 

 

 

 

 

Penelusuran dan Akuisisi Naskah Sumber Arsip Sejarah Daerah

Terlaksananya penelusuran dan akuisisi naskah arsip sejarah daerah

1 kegiatan

1 kegiatan

1 kegiatan

1 kegiatan

100%

1 kegiatan

1 kegiatan

20%

 

 

 

 

 

Program Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana dan Prasarana Kearsipan

Terwujudnya identifikasi, penelusuran serta pemeliharaan dan keanekaragaman dokumen arsip termasuk pemeliharaan sarana olah simpan

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

20%

 

 

 

 

 

Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

Tersedianya sarana pendukung perlindungan arsip

1 paket

1 paket

1 paket

1 paket

100%

1 paket

1 paket

20%

 

 

 

 

 

Pemeliharaan Rutin/Berkala Arsip Daerah

Terlaksananya penyelamatan arsip hasil olahan OPD

4 DPA

3 DPA

3 DPA

3 DPA

100%

4 DPA

4 DPA

20%

 

 

 

 

 

Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Kondisi Situasi Data

Terlaksananya Monev secara berkala dan teratur

60 OPD

60 OPD

60 OPD

60 OPD

100%

60 OPD

60 OPD

20%

 

 

 

 

 

Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi

Turwujudnya Mekanisme Tata Kelola, Akses Layanan Informasi secara Sinergis dengan Melibatkan Masyarakat/Akademisi

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

20%

 

 

 

 

 

Penyusunan dan Penerbitan Naskah Sumber Arsip

Penyusunan dan Pencetakan buku sejarah sumbawa

2 naskah

1 naskah

1 naskah

1 naskah

100%

2 naskah

2 naskah

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Sarana Layanan Informasi Arsip

Tersedianya peralatan/bahan layanan informasi

1 paket

1 paket

1 paket

1 paket

100%

1 paket

1 paket

20%

 

 

 

 

 

Sosialisasi/Penyuluhan Kearsipan dilingkungan Instansi Pemerintah/Swasta

Terlaksananya peningkatan kompetensi tata kelola arsip

150 orang

80 orang

80 orang

80 orang

100%

150 orang

150 orang

20%

 

 

 

 

 

Kerjasama dan Peran serta Masyarakat

Terlaksananya lokakarya kerasipan

1 angkatan

1 angkatan

1 angkatan

1 angkatan

100%

1 angkatan

1 angkatan

20%

 

 

 

 

 

Program Pengembangan Budaya Bacadan Pembinaan Perpustakaan

Terwujunya Minat dan Budaya baca Masyarakat Pembinaan Perpustakaan dan tersedianya Koleksi Bahan Bacaan Perpustakaan Umum Daerah

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

20%

 

 

 

 

 

Pemasyarakatan Minat dan Kebiasaan Membaca untuk Mendorong terwujudnya Masyarakat Pembelajar

Terlaksananya layanan perpustakaan umum dan perpustakaan keliling

1 Perpus. Umum 462 puskel 46.500 orang Pengeunjung

1 Perpus. Umum 454 puskel 43.500 orang Pengeunjung

1 Perpus. Umum 460 puskel 45.000 orang Pengeunjung

1 Perpus. Umum 460 puskel 45.000 orang Pengeunjung

100%

1 Perpus. Umum 462 puskel 46.500 orang Pengeunjung

1 Perpus. Umum 462 puskel 46.500 orang Pengeunjung

20%

 

 

 

 

 

Pengembangan Minat dan Budaya Baca

Terlaksananya lomba membaca dan bercerita untuk SD/MI, lomba baca puisi untuk SMP/MTs, lomba pemilihan duta baca, lomba retensi buku dan debat bahasa inggris SMA/SMK/MA, lomba menggambar untuk TK/PAUD, serta lomba perpustakaan Desa/Kelurahan 

5 macam lomba

3 macam lomba

3 macam lomba

3 macam lomba

100%

5 macam lomba

5 macam lomba

20%

 

 

 

 

 

Supervisi, Pembinaan dan Stimulasi pada Perpustakaan Umum, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Masyarakat

Terlaksananya pembinaan tenaga pengelola perpustakaan

162 Perpustakaan

155 Perpustakaan

158 Perpustakaan

158 Perpustakaan

100%

162 Perpustakaan

162 Perpustakaan

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Bantuan Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca di daerah

Tersedianya koleksi perpustakaan

45.000 Eksplar 1000 Judul buku

100 Eksplar 50 Judul buku

45.000 Eksplar 1000 Judul buku

45.000 Eksplar 1000 Judul buku

100%

45.000 Eksplar 1000 Judul buku

45.000 Eksplar 1000 Judul buku

20%

 

 

 

 

 

Perencanaan dan Penyusunan Program Budaya Baca

Tersedianya Perangkat Otomasi Perpustakaan

1 Paket Server Perangkat otomasi

0

45.000 Eksplar 1000 Judul buku

45.000 Eksplar 1000 Judul buku

100%

1 Paket Server Perangkat otomasi

1 Paket Server Perangkat otomasi

20%

 

 

 

 

 

Publikasi dan Sosialisasi Minat dan Budaya Baca

Terpublikasi dan Tersosialisasi Minat serta Budaya Baca

1 paket promosi radio

1 paket promosi radio

1 paket promosi radio

1 paket promosi radio

100%

1 paket promosi radio

1 paket promosi radio

20%

 

 

 

 

 

Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

Buku Perpustakaan

4.000 Eksemplar Buku

2.000 Eksemplar Buku

3.000 Eksemplar Buku

3.000 Eksemplar Buku

100%

4.000 Eksemplar Buku

  • Share on :