BAB I
PENDAHULUAN
Renja SKPD adalah dokumen perecanaan SKPD untuk periode satu tahun yang memuat kebijakan, program dan kegiatan pembangunan baik yang dilaksnakan langsung oleh Pemerintah Kabupaten maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.
Dalam penyusunan Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa bertumpuh pada tugas dan fungsi, Undang – Undang di Bidang Kearsipan dan Perpustakaan serta adanya peluang dan tantangan di Bidang Kearsipan dan Perpustakaan. Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan Pasal 24 menyebutkan bahwa Kabupaten/Kota adalah Lembaga Kearsipan Daerah yang melaksanakan pengelolaan Arsip Statis dan pengelolaan Arsip In Aktif dan pembinaan Kearsipan terhadap pencitraan arsip dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa.
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Perpustakaan sebagai wahana belajar bagi masyarakat untuk menumbuhkan minat baca. Untuk itu perpustakaan perlu di kembangkan pada semua tingkatan yaitu Kecamatan, Desa/Kelurahan dan Sekolah.
Disisi lain tuntutan masyarakat dalam layanan menjadi tantangan dan sekaligus menjadi tanggung jawab pengelola kearsipan dan perpustakaan. Sebagai lembaga yang bertanggung jawab pada pembinaan, pengembangan serta penyelamatan sumber informasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa melakukan identifikasi permasalahan dan tantangan yang dirangkum dalam isu-isu strategis dibidang perpustakaan dan kearsipan. Dari isu-isu strategis tersebut dilakukan strategis pemecahan masalah yang menjadi konsep dan kerang Renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa. Rencana strategis dilaksanakan dengan skala prioritas yang tertuang dalam program dan kegiatan dibidang Perpustakaan dan Kearsipan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.
Dasar Hukum Penyusunan Laporan ini antara lain :
Renja disusun untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi untuk menyusun program dan kegiatan dibidang Perpustakaan dan Kearsipan.
Adapun tujuan Renja SKPD untuk menyusun rancangan awal yang berfungsi sebagai perencanaan pembangunan di bidang perpustakaan dan kearsipan dalam kurun waktu 1 Tahun.
Rancangan Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa terdiri dari 5 Bab sebagai berikut :
KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
BAB II HASIL EVALUASI RENJA PERANGKAT DAERAH TAHUN LALU
BAB III TUJUAN DAN SASARAN, PROGRAM DAN KEGIATAN
BAB IV PENUTUP
BAB II
EVALUASI PELAKSANAAN RENCANA KERJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN SUMBAWA TAHUN LALU
2.1. Evaluasi Pelaksanaan Renja Tahun 2019 dan Capaian Renstra Dinas Perpustakaan
Kabupaten Sumbawa
Mengingat bahwa Tahun 2019 sebagai tahun yang sedang berjalan ini merupakan Tahun IV (keempat) dalam periode perencanaan Tahun 2016-2021, maka materi evaluasi ini juga menyajikan capaian kinerja dari perjalanan rencana pada periode tahun sebelumnya. Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sumbawa, serta Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 72 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa.
Perubahan terhadap urusan yang diselenggarakan oleh perangkat daerah, telah mengakibatkan perubahan pada tugas dan fungsi perangkat daerah tersebut, dengan demikian tentu akan berkonsekuensi terhadap perubahan visi dan misi di dalam Renstra Perangkat Daerah. Meskipun demikian, di dalam pelaksanaan evaluasi terhadap Renja tahun lalu diupayakan untuk dilakukan penyelarasan-penyelarasan sebagaimana mestinya.
Berikut ini, disajikan rekapitulasi hasil evaluasi atas pelaksanaan Renja sebelumnya, serta gambaran terhadap pencapaian Renstra Kabupaten Sumbawa, sebagai berikut.
Tabel 2.1
Rekapitulasi Evaluasi Hasil Pelaksanaan Renja dan Pencapaian Renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa
(s/d Tahun 2019)
Kode |
Urusan/Bidang Urusan Pemerintahan Daerah Dan Program/Kegiatan |
Indikator Kinerja Program (outcomes)/ Kegiatan (output) |
Target Kinerja Capaian Prog-ram (Renstra Perangkat Daerah) Th 2018 |
Realisasi Target Kinerja Hasil Program dan Keluaran Kegiatan s/d dengan th (n-3)= (2016) |
Target dan Realisasi Kinerja Program dan Kegiatan Tahun Lalu (n-2) |
Target prog-ram dan ke-giatan (Ren-ja Perangkat Daerah th n-1) = 2018 |
Perkiraan Realisasi Capaian Target Renstra Perangkat Daerah s/d th berjalan |
|||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Target Renja Perangkat Daerah th (n-2)= 2017 |
Realisasi Renja Perangkat Daerah th (n-2)= 2017 |
Tingkat Realisasi (%) |
Realisasi Capaian Program dan Ke-giatan s/d th. Ber-jalan (th n-1)=2018 |
Tingkat Ca-paian Rea-lisasi Target Renstra (%)*. |
|
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
|
|||
|
|
|
|
Urusan Perencanaan Pembangunan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Program Pelayanan Administrasi Perkantoran |
Meningkatnya kualitas dan kapasitas layanan Administarsi perkantoran |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Jasa Surat Menyurat |
Jumlah surat masuk dan surat keluar yang disediakan |
600 dok |
25 dok |
25 dok |
600 dok |
100% |
600 dok |
600 dok |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik |
Jasa telepon, air,surat kabar/majalah, dll yang disediakan |
6 paket |
3 dok |
3 dok |
6 paket |
100% |
6 paket |
6 paket |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas/Operasional |
Jasa Pemeliharaan dan perizinan kendaraan dinas yang dibayar |
4 unit |
1 dok |
1 dok |
4 unit |
100% |
4 unit |
4 unit |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan |
Terpenihinya jasa administrasi keuangan |
4 berkas |
1 dok |
1 dok |
4 berkas |
100% |
4 berkas |
4 berkas |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor |
Alat kebersihan dan bahan pembersih yang diadakan |
22 unit |
1 dok |
1 dok |
22 unit |
100% |
22 unit |
22 unit |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja |
Peralatan kantor/kerja yang diperbaiki |
6 unit |
1 dok |
1 dok |
6 unit |
100% |
6 unit |
6 unit |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Alat Tulis Kantor |
Tersedianya kebutuhan administrasi kantor |
1 paket |
2 dok |
2 dok |
1 paket |
100% |
1 paket |
1 paket |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan |
Barang cetakan yang diadakan |
4 jenis |
4 jenis |
4 jenis |
4 jenis |
100% |
4 jenis |
4 jenis |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantot |
Komponen dan alat listrik yang diadakan |
4 unit |
4 unit |
4 unit |
4 unit |
100% |
4 unit |
4 unit |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kator |
Peralatan dan perlengkapan kantor yang diadakan |
40 unit |
25 Unit |
33 unit |
33 unit |
100% |
40 unit |
40 unit |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan makanan dan minuman |
Tersedianya makanan dan mimunan untuk rapat dan tamu |
12 kali |
0 |
12 kali |
12 kali |
100% |
12 kali |
12 kali |
20% |
|
|
|
|
|
Rapat-rapat Koordinnasi dan Konsultasi Ke Luar Daerah |
Jumlah koordiansi dan Konsultasi Keluar Daerah yang diikuti/dilaksanakan |
25 laporan |
18 laporan |
20 laporan |
20 laporan |
100% |
25 laporan |
25 laporan |
20% |
|
|
|
|
|
Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur |
Meningkatnya Kapasitas dan Evektifitas Layanan |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
20% |
|
|
|
|
|
Pembangunan Gedung Kantor |
Gedung kantor yang terbangun |
1 unit |
0 |
1 unit |
1 unit |
100% |
1 unit |
1 unit |
20% |
|
|
|
|
|
Program peningkatan pe-ngembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan |
Terwujudnya Ketertiban Pelayanan dan Kelengkapan Administrasi Perkantoran |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
20% |
|
|
|
|
|
Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD |
Tersedianya ATK dan makan minum untuk penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisat realisasi keuangan SKPD |
1 dok |
1 dok |
1 dok |
1 dok |
100% |
1 dok |
1 dok |
20% |
|
|
|
|
|
Penyusunan Laporan Tahunan SKPD |
ATK dan makan minum penyusunan laporan tahunan SKPD |
2 dok |
2 dok |
2 dok |
2 dok |
100% |
2 dok |
2 dok |
20% |
|
|
|
|
|
Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan |
Terlaksananya pemantauan dan laporan evaluasi kerja |
1 dokumen |
1 dokumen |
1 dokumen |
1 dokumen |
100% |
1 dokumen |
1 dokumen |
20% |
|
|
|
|
|
Program Penyusunan Rencana Kerja SKPD |
Terwujudnya Ketertibab Pelayanan dan Kelengkapan administrasi Perkantoran |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
20% |
|
|
|
|
|
Penyusunan RKA/DPA SKPD |
Tersedianya ATK dan makan minum penyusunan RKA/DPA |
2 dok |
2 dok |
2 dok |
2 dok |
100% |
2 dok |
2 dok |
20% |
|
|
|
|
|
Penyusunan Rencana Kerja Tahunan SKPD |
Tersedianya ATK dan makan minum penyusunan Renja |
1 dokumen |
1 dokumen |
1 dokumen |
1 dokumen |
100% |
1 dokumen |
1 dokumen |
20% |
|
|
|
|
|
Penyusunan Rencana Strategis SKPD |
Tersedianya ATK dan makan minum penyusunan Renja |
1 dokumen |
1 dokumen |
1 dokumen |
1 dokumen |
100% |
1 dokumen |
1 dokumen |
20% |
|
|
|
|
|
Program Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan |
Terwujudnya Basic Informasi Kearsipan Lingkup Pemkab. Sumbawa |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
20% |
|
|
|
|
|
Pembangunan Data Base Informasi Kearsipan |
Tersedianya input master data dokumen/arsip SKPD |
64 dok |
1kegiatan |
1kegiatan |
1kegiatan |
100% |
64 dok |
64 dok |
20% |
|
|
|
|
|
Pengklasifikasian Data |
Terlaksananya proses pengumpulan data arsip |
5 DPA |
5 DPA |
5 DPA |
5 DPA |
100% |
5 DPA |
5 DPA |
20% |
|
|
|
|
|
Kajian Sistem Administrasi Kearsipan |
Terlaksananya intensitas perbaikan sistem tata kelola |
3 dok |
3 dok |
3 dok |
3 dok |
100% |
3 dok |
3 dok |
20% |
|
|
|
|
|
Pemeliharaan Peralatan Jaringan Informasi Kearsipan |
Terlaksananya maintenance jaringan secara berkala |
1 unit |
1 unit |
1 unit |
1 unit |
100% |
1 unit |
1 unit |
20% |
|
|
|
|
|
Program Penyelamatan dan Pelestarisn Dokumen/Asip Daerah |
Terwujudnya Ketersediaan Sarana Olah Simpan yang Ekonomis dan Modern serta Aksed Perolehan Naskah Sejarah dari Masyarakat |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
20% |
|
|
|
|
|
Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip |
Terlaksananya sarana oleh arsip dinamis |
1 paket |
1 paket |
1 paket |
1 paket |
100% |
1 paket |
1 paket |
20% |
|
|
|
|
|
Pendataan dan penataan Dokumen/Arsip Daerah |
Terlaksananya kegiatan pendataan dan penataan sesuai dengan standar |
5 DPA |
5 DPA |
5 DPA |
5 DPA |
100% |
5 DPA |
5 DPA |
20% |
|
|
|
|
|
Penduplikasian Dokumen/Arsip Daerah dalam Bentuk Informatika |
Terlaksananya penyelamatan/pelestarian arsip |
2 dok |
1 dok |
1 dok |
1 dok |
100% |
2 dok |
2 dok |
20% |
|
|
|
|
|
Pembangunan Sistem Keamanan Penyimpanan Dta |
Tersedianya tenaga dan peralatan jaringan komputer |
1 kegiatan |
1 kegiatan |
1 kegiatan |
1 kegiatan |
100% |
1 kegiatan |
1 kegiatan |
20% |
|
|
|
|
|
Pengembangan potensi dan identifikasi Informasi Arsip |
Terlaksananya proses Identifikasi Naskah Tulisan/Foto/Tutur melalui Lomba Menulis Sejarah Daerah |
30 naskah |
30 naskah |
30 naskah |
30 naskah |
100% |
30 naskah |
30 naskah |
20% |
|
|
|
|
|
Penelusuran dan Akuisisi Naskah Sumber Arsip Sejarah Daerah |
Terlaksananya penelusuran dan akuisisi naskah arsip sejarah daerah |
1 kegiatan |
1 kegiatan |
1 kegiatan |
1 kegiatan |
100% |
1 kegiatan |
1 kegiatan |
20% |
|
|
|
|
|
Program Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana dan Prasarana Kearsipan |
Terwujudnya identifikasi, penelusuran serta pemeliharaan dan keanekaragaman dokumen arsip termasuk pemeliharaan sarana olah simpan |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
20% |
|
|
|
|
|
Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip |
Tersedianya sarana pendukung perlindungan arsip |
1 paket |
1 paket |
1 paket |
1 paket |
100% |
1 paket |
1 paket |
20% |
|
|
|
|
|
Pemeliharaan Rutin/Berkala Arsip Daerah |
Terlaksananya penyelamatan arsip hasil olahan OPD |
4 DPA |
3 DPA |
3 DPA |
3 DPA |
100% |
4 DPA |
4 DPA |
20% |
|
|
|
|
|
Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Kondisi Situasi Data |
Terlaksananya Monev secara berkala dan teratur |
60 OPD |
60 OPD |
60 OPD |
60 OPD |
100% |
60 OPD |
60 OPD |
20% |
|
|
|
|
|
Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi |
Turwujudnya Mekanisme Tata Kelola, Akses Layanan Informasi secara Sinergis dengan Melibatkan Masyarakat/Akademisi |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
20% |
|
|
|
|
|
Penyusunan dan Penerbitan Naskah Sumber Arsip |
Penyusunan dan Pencetakan buku sejarah sumbawa |
2 naskah |
1 naskah |
1 naskah |
1 naskah |
100% |
2 naskah |
2 naskah |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Sarana Layanan Informasi Arsip |
Tersedianya peralatan/bahan layanan informasi |
1 paket |
1 paket |
1 paket |
1 paket |
100% |
1 paket |
1 paket |
20% |
|
|
|
|
|
Sosialisasi/Penyuluhan Kearsipan dilingkungan Instansi Pemerintah/Swasta |
Terlaksananya peningkatan kompetensi tata kelola arsip |
150 orang |
80 orang |
80 orang |
80 orang |
100% |
150 orang |
150 orang |
20% |
|
|
|
|
|
Kerjasama dan Peran serta Masyarakat |
Terlaksananya lokakarya kerasipan |
1 angkatan |
1 angkatan |
1 angkatan |
1 angkatan |
100% |
1 angkatan |
1 angkatan |
20% |
|
|
|
|
|
Program Pengembangan Budaya Bacadan Pembinaan Perpustakaan |
Terwujunya Minat dan Budaya baca Masyarakat Pembinaan Perpustakaan dan tersedianya Koleksi Bahan Bacaan Perpustakaan Umum Daerah |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
20% |
|
|
|
|
|
Pemasyarakatan Minat dan Kebiasaan Membaca untuk Mendorong terwujudnya Masyarakat Pembelajar |
Terlaksananya layanan perpustakaan umum dan perpustakaan keliling |
1 Perpus. Umum 462 puskel 46.500 orang Pengeunjung |
1 Perpus. Umum 454 puskel 43.500 orang Pengeunjung |
1 Perpus. Umum 460 puskel 45.000 orang Pengeunjung |
1 Perpus. Umum 460 puskel 45.000 orang Pengeunjung |
100% |
1 Perpus. Umum 462 puskel 46.500 orang Pengeunjung |
1 Perpus. Umum 462 puskel 46.500 orang Pengeunjung |
20% |
|
|
|
|
|
Pengembangan Minat dan Budaya Baca |
Terlaksananya lomba membaca dan bercerita untuk SD/MI, lomba baca puisi untuk SMP/MTs, lomba pemilihan duta baca, lomba retensi buku dan debat bahasa inggris SMA/SMK/MA, lomba menggambar untuk TK/PAUD, serta lomba perpustakaan Desa/Kelurahan |
5 macam lomba |
3 macam lomba |
3 macam lomba |
3 macam lomba |
100% |
5 macam lomba |
5 macam lomba |
20% |
|
|
|
|
|
Supervisi, Pembinaan dan Stimulasi pada Perpustakaan Umum, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Masyarakat |
Terlaksananya pembinaan tenaga pengelola perpustakaan |
162 Perpustakaan |
155 Perpustakaan |
158 Perpustakaan |
158 Perpustakaan |
100% |
162 Perpustakaan |
162 Perpustakaan |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Bantuan Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca di daerah |
Tersedianya koleksi perpustakaan |
45.000 Eksplar 1000 Judul buku |
100 Eksplar 50 Judul buku |
45.000 Eksplar 1000 Judul buku |
45.000 Eksplar 1000 Judul buku |
100% |
45.000 Eksplar 1000 Judul buku |
45.000 Eksplar 1000 Judul buku |
20% |
|
|
|
|
|
Perencanaan dan Penyusunan Program Budaya Baca |
Tersedianya Perangkat Otomasi Perpustakaan |
1 Paket Server Perangkat otomasi |
0 |
45.000 Eksplar 1000 Judul buku |
45.000 Eksplar 1000 Judul buku |
100% |
1 Paket Server Perangkat otomasi |
1 Paket Server Perangkat otomasi |
20% |
|
|
|
|
|
Publikasi dan Sosialisasi Minat dan Budaya Baca |
Terpublikasi dan Tersosialisasi Minat serta Budaya Baca |
1 paket promosi radio |
1 paket promosi radio |
1 paket promosi radio |
1 paket promosi radio |
100% |
1 paket promosi radio |
1 paket promosi radio |
20% |
|
|
|
|
|
Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah |
Buku Perpustakaan |
4.000 Eksemplar Buku |
2.000 Eksemplar Buku |
3.000 Eksemplar Buku |
3.000 Eksemplar Buku |
100% |
4.000 Eksemplar Buku |
Berita Populer
Kamis, 09 Juli 2020
PERPUSTAKAAN UMUM KABIPATEN SUMBAWA TERAKREDITASI - C
Rabu, 03 Juni 2020
LOMBA PERPUSTAKAAN DESA DAN SEKOLAH TERBAIK TINGKAT PROVINSI NTB
Senin, 29 April 2019
LOMBA PERPUSTAKAAN DESA TINGKAT PROVINSI NTB
Selasa, 26 November 2019
Workshop dan Pameran Seni Rupa " HOW ART YOU TODAY"
Rabu, 29 Januari 2020
Sumbawa Membaca |